Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

UI UX Digital Marketing : Keterkaitan & Keterikatan Satu Sama Lain

3 min read

ui ux digital marketing

Dalam era modern sekarang ini segala bisa dicapai hanya melalui sebuah genggaman, kita biasa menyebutnya dengan istilah maya, online atau apapun yang ingin kalian sebutkan bisa kalian sebutkan. Kalau dahulu kita sering membeli makanan prosesnya adalah harus datang ke lokasi tempat penjual terlebih dahulu, sekarang tidak tinggal angkat tangan, jari memainkan peran dan makanan akan datang ke tempat Anda.

Berbicara tentang makanan pasti kita berbicara juga tentang kemasan atau pacakging dalam sebuah makanan tersebut, bagaimana sebuah kemasan memainkan peran dalam penjualan. Kemasan yang rapih dan menarik akan mendatangkan kembali seorang customer karena suka dengan produk kita.

Lantas apa kaitannya antara kemasan makanan dengan artikel yang ingin kita bahas kali ini?

Yuppp. Dalam dunia teknologi kemasan tadi mengacu kepada “UI UX’ yang memainkan peran penting dalam sebuah produk digital.

Dalam dunia digital, khususnya platform digital seperti website dan mobile app, UI/UX “memainkan” peranan seperti halnya suatu kemasan pada sebuah produk. UI/UX berfungsi sebagai daya tarik bagi konsumen yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen ketika ingin membeli suatu produk.

Seperti yang kita sudah ketahui bersama, bahwa sekarang ini minat dan perilaku konsumen, khususnya berbelanja telah berubah. Banyak konsumen yang akhirnya lebih memilih untuk berbelanja online dibandingkan berbelanja offline. Hal itulah yang kemudian mentransformasi UI/UX sebagai bagian dari strategi pemasaran suatu produk, khususnya pemasaran suatu produk melalui platform digital seperti website ataupun mobile app.

UI UX memainkan perannya dengan sangat mulus, mengotomatiskan perilaku pengguna untuk terus merasa ter-rangsang untuk mengetik dan menekan layar handphonenya. Seperti layaknya youtube kita yang selalu dimanjakan oleh sebuah teknologi.

Tapi apa manfaat nyata dari UI/UX dalam sebuah strategi bisnis? apa perannya, dan bagaimana hal ini seharusnya bisa menjadi concern lebih khususnya untuk perusahaan – perusahaan di Indonesia.

Baca Juga : Cara Memperindah Tampilan WordPress Agar Terlihat Professional

Manfaat UI/UX Untuk Strategi Bisnis

ui ux digital marketing

Ketahui bahwa UI/UX memainkan perannya untuk meningkatkan strategi bisnis, apa saja? langsung aja kebawah ya

Meningkatkan Daya Tarik Konsumen

UI atau user interface yang menarik dipadukan dengan mudahnya dalam menggunakan aplikasi (UX) menghasilkan experience pengguna yang mendorong mereka untuk terus dan terus menggunakan aplikasi yang kita buat. UI UX yang baik akan membuat konsumen menjadi nyaman dan tidak akan meninggalkan bisnis Anda.

Jika konsumen sudah mendapatkan kenyamanan pada platform Anda, bukan tidak mungkin konsumen akan menjadi lebih loyal dan bertahan menggunakan platform digital Anda.

Meningkatkan Branding Perusahaan

Setiap perusahaan menginginkan brandnya dikenal oleh customer atau pelanggan mereka. Karena dengan begitu bisnis mereka akan menjangkau lebih banyak orang. UI UX dalam hal ini bisa menggambarkan produk digital anda yang mana ini akan meningkatkan branding yang kuat dari perusahaan.

Karakter UI UX yang diciptakan sedemikian rincinya mulai dari warna,logo, dan penulisan atau UX Writing akan membuat bagaimana produk digital Anda dikenal.

Meningkatkan Daya Beli Produk

Pemaparan dari poin-poin diatas sepertinya sudah sangat jelas, UI/UX yang baik akan memberikan efek “domino” pada bisnis Anda, bukan efek yang negatif namun justru sebaliknya. Mengapa demikian? Dengan memiliki UI/UX yang baik, pengguna atau konsumen akan mendapatkan pengalaman jelajah yang menyenangkan, dari situlah akan timbul rasa “ketergantungan” sehingga konsumen akan cenderung lebih loyal dalam menggunakan platform digital tersebut, dari sinilah Anda bisa memanfaatkan UI/UX untuk meningkatkan daya beli suatu produk.

Dengan konsumen yang loyal, Anda juga akan lebih mudah dalam memasarkan produk Anda. Membuat kampanye promosi pun akan menjadi lebih efektif. Perlu diingat bahwa kebutuhan sebuah bisnis tergantung pada tingginya minat konsumen. Dimana dalam hal ini peningkatan minat dapat tergantung pada visualisasi (UI) suatu platform digital, serta kenyamanan pengguna saat menggunakan platform tersebut (UX).

Baca Juga :

Meningkatkan Keberhasilan Strategi Digital Marketing Perusahaan

UI/UX juga adalah salah satu dari banyak faktor penunjang dalam keberhasilan strategi digital marketing dari suatu bisnis, khususnya jika perusahaan tersebut memilih SEO sebagai metode untuk kampanye strategi digital marketing mereka.

Kenapa hal ini berdampak demikian?, UI/UX telah bertransformasi menjadi salah satu faktor penilaian SEO dari suatu platform digital seperti website, semenjak Google meluncurkan core web vital sebagai parameter penilaian dari sebuah website, dan seperti yang bisa Anda tebak, UI/UX masuk dalam salah satu parameter penilaian tersebut. Dalam kasus ini adalah bounce rate.

Dari faktor google tadilah, UI/UX sangat berperan dalam keberhasilan strategi digital marketing suatu perusahaan. Semakin baik UI/UX yang ditawarkan pada konsumen, semakin tinggi pula presentase keberhasilan strategi digital marketing Anda, walaupun tidak menutup fakta bahwa keberhasilan strategi digital marketing suatu bisnis tidak hanya bergantung pada UI/UX saja.

Besarnya dan banyaknya manfaat juga potensi yang dimiliki UI/UX, akan sangat disayangkan jika Anda mengabaikannya begitu saja ketika Anda membangun platform digital untuk bisnis Anda. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk merancang UI/UX pada platform digital dengan sebaik mungkin, dimana UI/UX tersebut dapat merepresentasikan dari bisnis yang Anda jalankan, serta memiliki karakter dan persona yang kuat, sehingga brand bisnis Anda akan mudah diingat oleh konsumen.

Perlu kita ketahui bersama, bahwasannya produk kebanyakan gagal karena produknya tidak user freindly bagi usernya.

Kebanyakan dari mereka beralih dari produk yang dianggapnya gagal atau menyulitkan.

Lalu bagaimana caranya membangun sebuah platform digital yang mempunyai karakteristik UI/UX yang kuat?

Dalam perusahaan Anda haruslah mempunyai tim divisi IT dan design yang solid. Anda sebagai pemilik bisa memaparkan ide dan gagasan yang ingin coba untuk dibangun pada tim dan mereka akan membuat yang namanya mockup dari produk digital yang Anda inginkan.

Sehingga dengan seperti itu, Anda dapat menilai sendiri dengan mudah apakah produk digital yang dibangun sudah terdapat UI/UX dengan karakter yang kuat disana atau belum. Jika di perusahaan Anda belum atau tidak memiliki divisi IT dan divisi design, maka bekerjasama dengan suatu perusahaan pengembang atau software house merupakan solusi yang tepat bagi Anda.

Szeto Consultants menghadirkan kepada Anda kemudahan dalam membuat sebuah produk digital yang berlandaskan UI/UX sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan maintenancenya. Kepoin kami disini ya.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas