Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Daftar Teknologi Layanan Jaringan Yang Mengubah Kehidupan

2 min read

teknologi layanan informasi

Siapa yang tahu bahwa pandemi Covid-19 bisa bertahan begitu lama. Sekarang manusia bergerak sangat, salah satu penyebabnya karena teknologi layanan jaringan di dunia makin berkembang.

Setiap umat manusia mungkin berpikir untuk bisa menciptakan sebuah teknologi yang canggih. Salah satu keberhasilan manusia ialah menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

Teknologi layanan jaringan adalah sistem yang dirancang untuk melayani banyak pengguna yang menggunakan berbagai macam perangkat. Tujuannya untuk menciptakan sistem yang bisa memenuhi kebutuhan manusia dengan efektif.

Saat ini sudah banyak kecanggihan teknologi layanan jaringan yang bisa dirasakan. Menariknya, Indonesia tidak hanya menjadi penikmat namun juga berupaya dengan serius untuk bisa menciptakan kecanggihan teknologi yang bermanfaat untuk orang banyak.

Bahkan keseriusan ini terlihat dari proses pembelajaran di sekolah. Sejak SMA, para siswa mulai diberikan materi teknologi layanan jaringan. Harapannya ketika melanjutkan ke jenjang berikutnya, mereka sudah mengenal dan tinggal mengembangkan diri mereka lebih jauh.

Berikut kita coba sajikan 5 layanan teknologi yang mengubah kehidupan

5 Teknologi Layanan Jaringan yang Mengubah Kehidupan

Mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, berikut 5 teknologi layanan jaringan yang mengubah kehidupanmu :

1. Email

Saat ini hampir semua manusia memiliki sebuah email. Bahkan untuk membeli sebuah gadget saat ini membutuhkan email sebagai syarat registrasi awal. Hadirnya email benar-benar mengubah kehidupan manusia terutama dalam hal komunikasi.

Pekerjaan, Informasi dan marketing saat ini dilakukan melalui email.

2. E-Learning

Pandemi Covid-19 membuat semua orang begitu cepat beradaptasi dengan sistem online. Bahkan di Indonesia sendiri 100% sekolah memanfaatkan E-Learning agar proses belajar mengajar tetap berjalan.

Menariknya, tidak hanya proses belajar formal namun juga non-formal. Orang-orang sudah sangat kenal dengan namanya online training, ebook, e-novel dan sebagainya. E-Learning membuat manusia bisa mengakses semua informasi yang ada tanpa harus kemana-mana.

3. E-Banking

Dunia saat ini memasuki era cashless. Dahulu proses pembayaran membutuhkan waktu berjam-jam. Namun saat ini hanya dengan sentuhan jari semua transaksi yang diperlukan sudah langsung selesai.

Meskipun dampaknya terhadap proses offline cukup signifikan. Misalnya banyak bank yang harus menutup cabang mereka karena mereka tidak terlalu membutuhkan banyak tempat untuk para nasabah mereka.

Namun E-Banking memberikan manfaat yang jauh lebih banyak. Secara kecepatan transaksi, keamanan dan kuantitas yang diberikan jauh lebih baik dibandingkan proses offline.

4. E-Commerce

Para pelaku usaha tentunya yang benar-benar mendapatkan manfaat dari kecanggihan teknologi saat ini. Dahulu kesempatan untuk sukses mungkin terbatas. Hanya orang dengan modal yang besar yang bisa mempunyai peluang untuk sukses lebih banyak.

Namun saat ini, banyak pebisnis yang mulai memanfaatkan teknologi layanan jaringan untuk mengembangkan bisnis mereka. E-commerce membuat semua menjadi setara. Setiap orang bisa menjangkau semua pelanggan di seluruh Indonesia, bahkan dunia sekalipun dari tempat duduk mereka.

Orang Indonesia sendiri sudah banyak yang mampu menciptakan E-Commerce yang bisa bersaing dengan orang luar. Katakanlah seperti Tokopedia, Bukalapak dan beberapa E-Commerce lainnya.

5. E-Government

Sistem birokrasi pemerintahan juga sangat terbantu dengan kecanggihan teknologi saat ini. Misalnya seperti Amerika yang bisa menciptakan sistem database dan memungkinkan mereka bisa mengakses data penduduk mereka dengan cepat.

Sayangnya di Indonesia sendiri kita sedang menghadapi masa transisi. Pemerintahan kita sedang berada di tahap peralihan untuk bisa menciptakan sistem yang otomatis secara total.

Misalnya E-KTP yang saat ini sedang diproses agar bisa digunakan untuk kepentingan banyak. Tidak hanya untuk data kependudukan namun bisa mengakses berbagai fitur. Seperti passport, pembelian dan lain sebagainya.

Baca Juga : Simak Cara Cek KTP Online, Mudah Tinggal Duduk di Rumah

Sudah Tahu Apa Saja Teknologi Layanan Jaringan?

Itulah 5 teknologi layanan jaringan yang benar-benar mengubah kehidupan manusia. Semuanya mempunyai kegunaan masing-masing. Tentunya, dengan teknologi tersebut semakin memudahkan kehidupan manusia di seluruh dunia.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas