Szeto Consultants Blog

Store Supervisor Adalah : Pengertian dan Tugasnya!

store supervisor adalah

store supervisor adalah

Supervisor adalah pekerjaan yang sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari ini, ada beragam tugas dan tanggung jawab dari seorang supervisor.

Namun, tidak semua orang memahami tentang tugas dan tanggung jawab dari seorang supervisor. Untuk Kamu yang baru ingin memulai perjalanan menjadi seorang supervisor, ada baiknya untuk membaca artikel berikut ini supaya langkah kaki mu semakin mantab dalam menjalani mimpi menjadi seorang supervisor, hehe.

Arti Supervisor

Apa itu supervisor? pengertian supervisor. Menurut dari wikipedia Penyelia  atau lebih dikenal dengan istilah Inggrisnya supervisor adalah seseorang yang diberikan tugas dalam sebuah perhimpunan perusahaan sebagaimana ia mempunyai kuasa dan wewenang untuk mengeluarkan perintah kepada rekan kerja bawahannya.

Istilah supervisor berasal dari bahasa Inggris, sedangkan terjemahan bahasa Indonesianya adalah pengontrol utama. Namun, istilah supervisor lebih terkenal dibanding pengawas.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, supervisor adalah seorang pengontrol utama, atau pengawas utama.

Supervisor adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab membuat sebuah kebijakan, terobosan, atau rencana kerja untuk para pegawai. Dalam sebuah perusahaan, supervisor adalah orang yang memimpin para pegawai meskipun bukan pimpinan tertinggi.

Baca Juga : Carpenter Adalah : Tugas dan Tanggung Jawabnya Dalam Perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor

Sudah tau tentang arti dari supervisor? sekarang adalah saat untuk mempelajari tugasnya, berikut adalah tugas dan tanggung jawab dari seorang supervisor

Kiranya seperti itulah tugas dan tanggung jawab dari seorang supervisor.

Nah sekarang saatnya kita membahas store supervisor..

Store Supervisor

Store supervisor adalah posisi yang bertanggung jawab penuh terhadap kinerja para karyawannya. Tanggung jawab tersebut berupa visi dari perusahaan, melakukan pengawasan kinerja, dan juga evaluasi kinerja para karyawan.

Sebelum melaksanakan yang namanya pekerjaan, store supervisor bertugas untuk memberi arahan terhadap pegawai dalam melakukan pekerjaan.

Contohnya adalah seorang supervisor supermarket yang memberikan arahan kepada pegawainya atau kasir untuk bersikap ramah terhadap pelanggan.

Memastikan stok di gudang aman, persediaan aman, dan daftar transaksi rapi tidak ada yang kurang. Selain itu seorang store supervisor supermarket juga bertugas untuk memastikan kinerja dari pegawainya konsisten.

Adapun tugas dari store supervisor dibagi menjadi tiga poin berikut ini :

1. Melayani konsumen dengan baik

Seorang store supervisor adalah orang yang memastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang baik, pegawai harus memberikan kesan ramah dan dengan sabar melayani segala permintaan konsumen dengan begitu baik. Kasir, SPG, admin, dan bagian gudang merupakan golongan karyawan yang berada di bawah tanggung jawab supervisor store

2. Mengatur sales

Tugas dari store supervisor selanjutnya adalah membantu manager untuk meningkatkan penjualan. Agar tujuan tercapai maka perlu dilakukan yang namanya pengawasan dan kedisiplinin dari store supervisor kepada karyawan.

Supervisor yang sukses melakukan peningkatan penjualan akan berakibat baik untuk para salesnya. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan melihat peluang dan melakukan terobosan strategi penjualan.

3. Mengatur sistem training

Tugas dari seorang store supervisor selanjutnya adalah memimpin kegiatan store mulai dari buka sampai tutup. Memperinci harga jual, memilah barang – barang yang sudah harus terjual, membuat promo, dan mendesain toko agar menarik dan nyaman.

Supervisor store juga harus masih memastikan setiap pelayan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Apabila ada masalah di toko, maka ia harus segera mencari solusi dari masalah yang ada.

Pada akhir periode atau bulan, maka tugas dari store supervisor adalah melakukan yang namanya evaluasi yang didapat dari bulan ini.

Tidak semua perusahaan memiliki store supervisor. Biasanya, store supervisor dipekerjakan oleh perusahaan di bidang retail seperti supermarket atau minimarket.

Exit mobile version