Software Akuntansi Restoran dan Cafe

3 min read

Software Akuntansi Restoran dan Cafe

Apakah sama pencatatan akuntansi restoran dengan perusahaan dagang? Bagaimana cara mencatat pembelian, pemakaian bahan dan lain-lain untuk rumah makan? Software akuntansi restoran dalam bisnis restoran itu penting. Ketika seseorang memutuskan untuk membuka restoran, terutama untuk pertama kalinya, mereka biasanya didorong oleh hasrat untuk makanan enak dan dedikasi untuk keramahan.

Jika bisnis Anda gagal itu sering terjadi dalam tahun pertama dan biasanya karena keputusan dan praktik bisnis yang buruk. Saat Anda membuka restoran, menyiapkan sistem akuntansi yang baik sangat penting untuk memberikan peluang terbaik bagi bisnis Anda untuk bertahan hidup.

Merancang sistem akuntansi untuk restoran mirip dengan menyiapkan sistem akuntansi untuk bisnis mana pun, tetapi ada perbedaan penting yang perlu dipertimbangkan.

Restoran memiliki margin keuntungan yang rendah, jadi menjaga Key Performance Indicator (KPI) mereka sangat penting. Pada artikel ini, kita akan membahas apa yang perlu Anda lakukan untuk menjaga akuntansi restoran yang baik agar bisnis Anda terus berjalan dengan optimal.

Perlukah Software Akuntansi Untuk Restoran?

Bisnis di era digital, usaha kecil dan menengah (UKM) perlu memahami pentingnya laporan keuangan.  Keterbatasan pengetahuan akuntansi menyebabkan perlunya software akuntansi. Software akuntansi membantu bisnis yang tidak mengerti akuntansi untuk secara otomatis mengirimkan jurnal dan laporan keuangan.

Accurate Online merupakan software akuntansi yang bisa digunakan untuk Restoran atau Cafe dengan fungsi manajemen pemasukan dan pengeluaran keuangan untuk mendapatkan laporan keuangan.

Accurate Online menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis di era digital. Penggunaan teknologi cloud membuatnya tersedia di mana saja dan kapan saja. Aplikasi keuangan berbasis cloud ini berfitur lengkap namun mudah digunakan. Saat ini Accurate Online dapat berintegrasi dengan beberapa program POS yang banyak digunakan antara lain.

Program POS yang dapat Anda integrasikan dengan Accurate Online

  1. Moka Pos
  2. Accurate POS
  3. Rene 2 POS

Dan semua program POS yang memiliki API yaitu Application Programming Interface, merupakan antarmuka yang dapat menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Manfaat Menggunakan Accurate Online

Beberapa keuntungan dan keuntungan menggunakan bisnis F&B online yang akurat antara lain:

  1. Manajemen Inventaris

    Business F&B Biasanya, ada 2 model untuk akuntansi persediaan, termasuk biaya langsung atau biaya di awal, dan, kedua, persediaan baru menjadi beban ketika akan digunakan. Accurate Online memiliki modul pembelian yang dapat diintegrasikan ke dalam penanganan persediaan dan akuntansi pengeluaran. Program berbasis cloud ini diterapkan secara luas dan siap digunakan untuk bisnis jasa makanan.

  2. Integrasi Dengan Penjualan dan Pembelian

    Bisnis F&B, jika Anda sudah menggunakan POS yang disebutkan di atas, akan lebih mudah karena setiap invoice dari POS akan otomatis diimport untuk akurat online. Selain itu, penjualan dan pembelian akan digabungkan dengan gudang dan dapur karena Accurate Online memiliki fungsi pengelompokan untuk pencatatan resep.

  3. Program Pembukuan Online Masa Depan

    Saat ini, semua perangkat lunak akan dikembangkan sesuai dengan teknologi yang sangat modern, dan dapat diakses kapan saja, di mana saja. Seorang karyawan atau pengusaha tidak perlu membuka laptop atau komputer jika ingin bekerja atau mengontrol usahanya. Accurate online bisa diakses melalui semua hardware yang ada karena kita bisa mengaksesnya melalui web browser di semua sistem operasi (OS) seperti Windows, Mac, Android dan sebagainya.

  4. Modul Lengkap Untuk Akuntansi Bisnis

    Accurate Online memiliki fitur yang sangat lengkap dan detail untuk mengikuti perkembangan dunia bisnis saat ini, seperti kemampuan untuk berintegrasi dengan toko online. Pembaruan pajak untuk e-faktur dan integrasi dengan bank untuk rekonsiliasi. Saat ini, akurat juga banyak digunakan sebagai kurikulum formal di sekolah kejuruan atau di jurusan akuntansi sebagai prasyarat untuk memasuki dunia kerja.

  5. Integrasi Antar Departemen

    Di era bisnis modern seperti sekarang ini bagi anak perusahaan, integrasi antar bagian perusahaan menjadi sangat penting. Sistem online yang akurat adalah client-server, yang tujuannya adalah untuk menyimpan semua divisi perusahaan dalam satu database server.

    Misalnya, departemen penjualan berintegrasi dengan gudang, mengurangi persediaan, dan juga membuat jurnal otomatis, serta laporan penjualan, piutang, dan laporan keuangan. Ini adalah contoh integrasi, dan nanti bagaimana hutang, bank, majalah, aset, inventaris, piutang akan terintegrasi satu sama lain secara online yang akurat.

  6. Sesuai Dengan PSAK dan Perpajakan Indonesia

    Akurat dikembangkan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) negara dan Peraturan Standar Perpajakan. Ini akan memastikan bahwa Anda menerima perkiraan yang akurat, terutama yang berkaitan dengan masalah pajak. Seperti yang Anda ketahui, isu-isu terkait pajak sangat sensitif. Either way, Anda bisa mendapat masalah dan dicari oleh CEO Pajak. Untuk berjaga-jaga, gunakan Accurate untuk melakukan perhitungan untuk Anda.

  7. Bisa Digunakan Untuk Produksi Sederhana

    Accurate Online memiliki fitur manufaktur sederhana yang memungkinkan Anda mengolah bahan mentah menjadi produk siap jual. Fitur ini sangat mudah digunakan dan dipahami, jadi jangan khawatir tentang cara menangani daur ulang.

  8. Cloud dan Penyimpanan Aman Setara Dengan Bank

    Accurate Online menggunakan sistem berbasis cloud yang canggih yang memungkinkan Anda untuk mengakses perangkat lunak ini kapan saja, di mana saja, selama Anda terhubung ke Internet. Anda tidak perlu lagi berjalan hilir mudik untuk mengakses data keuangan perusahaan dari komputer kantor Anda.

    Selain itu, Anda juga memiliki wewenang untuk mengontrol siapa saja yang dapat mengakses database perusahaan. Semua ini bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Sistem cloud yang digunakan di Accurate Online tidak hanya canggih tetapi juga sangat aman. Selama Anda menjaga kerahasiaan kata sandi Anda dengan benar, semua data Anda dijamin aman dan tidak tersedia untuk orang lain.

  9. Perpajakan dan PPH 21

    Pajak yang dapat digunakan antara lain pajak pertambahan nilai, PPH 23, dan SPT badan. Accurate online memiliki fitur tax smart link yang dapat digunakan untuk menyusun dan menyampaikan laporan pajak dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Untungnya, Accurate Online menyediakan modul penggajian yang lengkap. Anda dapat menemukan perhitungan rinci upah serta tunjangan dan pembayaran lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat laporan PPH 21.

  10. Harga Terjangkau

    Accurate Online menggunakan sistem berlangganan, sehingga tidak mahal bagi pengguna untuk menggunakan sistem cloud ini. Biaya bulanan hanya 200 ribu per bulan, dan jumlah transaksi yang digunakan tidak terbatas. Cocok digunakan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Demikian informasi mengenai software akuntansi restoran dan cafe yang bisa Anda coba selaku owner / pengelola restoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas