Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Single Sign On Adalah : Pengertian & Penjelasan Lengkap

2 min read

single sign on adalah

Single Sign On Adalah – Dewasa kini, khususnya dalam pengembangan dunia teknologi memberikan kemudahan bagi manusia untuk menyelesaikan segala bentuk pekerjaan yang dihadapkannya. Jika kita sadari sekarang ini banyak sekali aplikasi yang pada akhirnya memenuhi kehidupan masyarakat, seperti gojek misalnya, atau grab dan masih banyak aplikasi lainnya.

Pernah gak gais, kalian banyak menggunakan aplikasi? saking banyaknya aplikasi kalian sampai kadang lupa dengan password yang digunakannya. Nah berangkat dari situlah mulai muncul yang namanya teknologi bernama Single Sign On Adalah sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi kebanyakan orang.

Teknologi hadir dengan berbagai manfaat dan kekurangan. Kini, mendapatkan sebuah produk yang dibutuhkan bisa dilakukan hanya dengan sekali tekan. Berkembangnya teknologi membuat banyak orang makin pintar sehingga aksi peretasan juga makin banyak sehingga mengganggu keamanan data pengguna.

Guna mengantisipasi masalah keamanan, setiap aplikasi dibekali dengan suatu sistem yang mengharuskan pengguna memasukkan email atau nama akun beserta password. Masalah tidak akan muncul jika satu orang hanya menggunakan satu aplikasi saja. Nyatanya, di era yang mengharuskan setiap orang berpacu dengan teknologi ini, setiap orang menggunakan beberapa aplikasi. Bahkan, beberapa aplikasi mengharuskan pengguna untuk menggunakan akun lain dengan alasan keamanan. Di sinilah masalah lupa akun atau password sering terjadi.

Mari kita bahas sesuatu hal tentang teknologi Single Sign On (SSO)?

Hadir sebagai sebuah solusi layanan dalam masalah autentikasi, Single Sign On berperan untuk mengatasi permasalahan lupa password yang sering dialami oleh kita, sehingga dengan hal ini dapat dengan mudah untuk memproses masuk kedalam sebuah aplikasi atau situs.

Caranya sangat mudah sekali, Single Sign On akan melakukan identifikasi pengguna secara ketat setelah pengguna memasukkan kredensial, seperti email dan password. Sistem tersebut kemudian mengizinkan informasi kredensial digunakan dalam suatu atau sekumpulan sistem terpercaya. Layanan ini bisa digunakan oleh perusahaan, organisasi kecil, dan perorangan untuk memudahkan pengaturan username dan password.

Baca Juga : Jasa Sosial Media Management Terbaik di Indonesia

Standar Konfigurasi Single Sign On Adalah

Pada dasarnya ada tiga standar teknologi yang seringkali digunakan untuk untuk melakukan penerapan SSO, yaitu SAML (security extensible markup language), OAuth 2.0, dan OpenID Connect.

SAML sendiri dipakai perusahaan untuk mengautentikasi pengguna dan mengotorisasi izin mengakses sistem perusahaan.

Sedangkan OAuth 2.0 digunakan untuk otorisasi dan OpenID Connect untuk autentikasi, keduanya umumnya dipakai di aplikasi yang berbasis web.

Analogi sederhananya adalah, ketika Anda masuk ke sistem internal perusahaan, SSO SAML melakukan tugasnya  untuk mengautentikasi Anda dengan password, atau juga menggunakan token hardware.

Setelah itu baru mengotorisasi Anda agar dapat menggunakan aplikasi tertentu yang telah diizinkan.

Namun, jika Anda ingin bermain game Candy Crush tanpa menginginkan akun yang lain, Anda bisa memilih untuk menggunakan akun Facebook Anda untuk memverifikasi identitas Anda.

Single Sign On ini dikenal dengan social login yang difasilitasi oleh framework OpenID Connect dan OAuth 2.0.OpenID Connect memverifikasi identitas Anda untuk Candy Crush, dan OAuth 2.0 mengotorisasi Candy Crush untuk mengakses data yang berkaitan tentang Anda dan yang telah tersimpan di Facebook Anda.

Baca Juga : Mobile Freindly Adalah : Mengapa Mobile Freindly Sangat Penting?

Kelebihan SSO

Menghemat Waktu

Dengan menggunakan Single Sign On dapat menghemat waktu pengguna yang mana harus mengetikkan email dan passwordnya terlebih dahulu, dengan teknologi ini maka tidak perlu lagi tuh yang namanya harus login tinggal langsung sekali klik dan enter maka langsung bisa login.

Meningkatkan Perlindungan Identitas

Darimana sebuah SSO dapat meningkatkan perlingdungan identitas?? karena dengan teknologi ini pengguna dapat menggunakan 2FA yang bisa digunakan sebagai perlindungan identitas

Mengurangi Risiko Terkena Phising

Orang – orang jahat diluar sana yang ingin meretas akun Kamu kemungkinan akan sulit karena dengan teknologi SSO, tidak memerlukan banyak aksi kredensial yang mana ini sangat membuat aman atau secure.

Log Activity Akses

Adanya Log Activity akses membuat kita tau kapan kita akses dan dimana, sehingga ini memudahkan kita dalam melakukan pencarian

Kekurangan SSO

Kekurangan yang dialami ketika menggunakan Single Sign On adalah justru terletak pada penggunaan satu kredensial saja (username dan password).

Hal tersebut sebenarnya masuk dalam kelebihan, tetapi sekaligus juga kekurangan dalam artian bumerang yang mana ketika tidak diatur dengan benar.

Kemungkinan terburuk adalah ketika kredensial akun Kamu mudah diketahui orang lain, maka semua akun dapat dicuri hanya dengan satu ‘kunci’. tetapi hal ini bisa diatasi dengan 2FA, pastikan akun – akun penting menggunakan 2FA sebagai pengamannya.

Berbicara mengenai kekurangan lain, SSO sayangnya tidak memiliki Single Sign-Off untuk melakukan logout dari semua aplikasi maupun website.

Itu akan sangat berbahaya terutama bagi orang yang sering lupa untuk logout dari sebuah aplikasi karena bisa dibajak orang lain.

Kesimpulan

Single Sign On adalah sebuah solusi untuk memudahkan pengguna login ke berbagai aplikasi hanya dengan satu kredential saja.

Saat ini sudah banyak kok yang menerapkan SSO pada teknologi situs – situs besar, karena yang memang memudahkan.

Oke..

Sekian dulu kali ya artikel ini. See ya in the next time.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas