Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Perangkat Jaringan : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

1 min read

perangkat jaringan

Perangkat jaringan – Siapa disini yang sekolahnya ambil jurusan Teknik Komputer Jaringan? dari sekian banyaknya SMK di Indonesia teknik komputer jaringan menjadi satu dari sekian banyak jurusan yang banyak diminati untuk di Indonesia sendiri.

Nah sementara untuk artikel kali ini kita akan coba membahas tentang yang namanya perangkat jaringan. Simplenya sebuah perangkat jaringan adalah komputer yang terhubung kedalam jaringan dan dapat saling berbagi data dan sumber daya seperti printer atau speaker atau internet.

Nah, agar sebuah jaringan dapat terbentuk di antara komputer-komputer tersebut, diperlukan adanya perangkat jaringan komputer yang handal dan memadai,

Kita akan jelaskan tentang alat apa saja satu persatu, tentang pengertian dan kegunaannya dari masing – masing tersebut.

Penasaran?, silakan temukan jawaban lengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Daftar Perangkat Jaringan Komputer

Ada beberapa perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan, apa saja itu? simak penjelasannya dibawah :

1 . Server

perangkat jaringan
perangkat jaringan

Server digunakan sebagai penyimpanan data, dalam hal ini adalah database serta mengelola segala aktivitas yang terjadi dalam sebuah jaringan.

Server digunakan untuk melayani segala permintaan client. Server memiliki pusat kendali dari seluruh jaringan komputer.

Spesifikasi dari komputer server sendiri memiliki spesifikasi yang besar dibanding dengan PC lain,

2 . Client

perangkat jaringan

Sementara perangkat jaringan client adalah perangkat yang terhubung dalam sebuah server, jadi Server memberikan layanannya ke masing – masing client.

3. Kabel

perangkat jaringan

Kabel digunakan untuk menghubungkan antar perangkat, sering melihat kan kabel yang digunakan? biasanya untuk jenisnya sendiri ada kabel coaxial, fiber optic, dan utp

4. Konektor

Konektor adalah sebuah perangkat keras yang dipasang pada bagian ujung kabel agar kabel dapat terhubung dengan network adaptor atau NIC, sehingga transmisi data berjalan dengan baik.

Dalam sebuah jaringan, ada beberapa macam konektor yang digunakan, diantaranya:

  • Konektor RJ-45 – konektor untuk kabel UTP dan sekarang menjadi yang paling banyak digunakan.
  • Konektor BNC/T – konektor ini digunakan untuk kabel coaxial.
  • Konektor ST – konektor untuk kabel fiber optic dan saat ini menjadi konektor dengan harga yang paling tinggi.

Kemudian, untuk memastikan apakah konektor sudah terpasang dengan baik, Anda dapat menggunakan konektor tester.

5. Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk memecah jaringan dari satu server agar dapat tersambung dengan komputer client yang berada dalam suatu jaringan lokal.

6. HUB

perangkat jaringan

Sebenarnya Hub ini sama seperti switch yaitu membagi jaringan yang berada dalam satu server. Nah pada umumnya HUB ini digunakan pada sebuah jaringan LAN.

Yang menjadi perbedaan antara hub dengan switch terletak pada kemampuannya untuk mengelola komputer client.

Hub tidak memiliki kemampuan sepintar switch untuk mengatur dan membatasi paket data yang terkirim, jadi pembagiannya bisa tidak adil antara satu komputer client dengan komputer client byang lain.

7. Bridge

Jika di Indonesiakan berarti jembatan, tapi apah iyah dek jembatan? iya jembatan yang menghubungkan antara topologi jaringan lokal lain yang lebih besar

8. Router

Router memiliki fungsi untuk membagi jaringan internet, cara kerjanya adalah router memberikan IP Address yang akan diberikan ke komputer klien pada masing – masing komputernya.

9. Access Point

Access Point adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan perangkat nirkabel dengan jaringan lokal menggunakan teknologi wireless seperti WiFi, bluetooth, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu gaes, access point juga memiliki fungsi sebagai pengaman sebab ia memiliki kemampuan untuk mengizinkan atau menolak suatu perangkat untuk terhubung ke dalam suatu jaringan yang sama.

Kesimpulan

Nah seperti itulah kiranya gambaran yang bisa diberikan, semoga dapat membantu ya.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas