Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Operator Packing Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya!

1 min read

operator packing adalah

Operator Packing Adalah – Sebagian orang mungkin yang berkecimpung dalam dunia pergudangan sudah tau dengan apa itu operator packing, tapi bagi sebagian orang yang baru memulai, mungkin akan bingung dengan pekerjaan yang satu ini.

Bingungnya adalah pekerjaan ini mencakup apa saja si, apa tugas dan tanggung jawabnya dan bagaimana perannya dalam sebuah pekerjaan.

Nah kebetulan sekali karena kita akan membahas tentang operator packing, mulai dari pengertiannya, tugas dan tanggung jawabnya juga akan kita spill tentang berapa si gaji yang biasanya diterima oleh seorang operator packing.

Langsung aja simak penjelasannya dibawah

Pengertian Operator Packing

Operator packing adalah seseorang yang mempunyai tugas untuk menjaga barang saat ada pengepakan. Menjaga lingkungan kerja. Melakukan packing barang sesuai SOP yang ada. Melakukan Packing Barang produk jadi untuk di pasarkan.

Nah setelah sudah paham dengan pengertian operator packing, langsung aja kita bahas tentang tugas dan tanggung jawabnya.

Baca Juga : Operator Assembling : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Packing

Seorang pekerja memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing – masing ya, begitu juga dengan pekerjaan yang satu ini sudah pasti memiliki tugas dan tanggung jawab dalam dunia industri sebagai berikut :

  • Menerima Barang Yang Sudah Jadi Dari Pihak Produksi

Salah satu tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang operator packing adalah menerima barang yang sudah jadi dari pihak produksi. Barang yang sudah jadi produksinya akan dilakukan pengemasan produk oleh pekerja dari bagian ini.

  • Memastikan kembali bahwa kondisi barang tersebut berkualitas baik.

Selain itu operator packing juga bertugas menjaga kualitas dari kondisi suatu barang. Dalam sebuah proses pengemasan kualitas dari sebuah barang dari hasil produksi juga harus menjadi suatu konsentrasi utama dari operator packing.

  • Melakukan pengecheckan atau check sheet terhadap mesin packing.

Barang yang sudah dipacking harus dicek kembali apakah masih ada yang salah atau masih ada yang kurang rapi, karena hal ini sangat berpengaruh sekali kepada hasil barang produksi.

  • Melakukan Pengemasan atau Packing terhadap barang atau mengoperasikan Mesin Packing.

Biasanya pengemasan dilakukan manual atau dengan menggunakan mesin packing, hal ini tergantung dari industri perusahaan.

  • Menyimpan atau Menyusun barang yang sudah di Packing Sesuai Tempatnya.

Setelah semua selesai maka terakhir bisa dibilang adalah penyimpanan, Hal ini tidak boleh sampai lupa apalagi kelewatan karena dalam prosesnya barang yang sudah jadi harus disimpan sesuai dengan aturan yang ada.

  • Membersihkan area kerja packing barang setelah selesai bekerja.

Sudah semestinya kita selalu merapikan tempat kita bekerja, apapun itu pekerjaannya. Karena hal ini akan meningkatkan kemampuan ketelitian kalian.

  • Membuat Rekap Laporan Kerja.

Tidak hanya itu, apa yang sudah selesai dikerjakan terkadang harus juga untuk dibuat laporannya.

Baca Juga : Operator Sewing Adalah : Ketahui Tugas dan Tanggung Jawabnya

Gaji Seorang Operator Packing

operator packing adalah
operator packing adalah

Gaji untuk seorang operator packing berkisar diangka, 3 jutaan. Hal ini tergantung dari darimana kalian berasal ya, karena berbeda daerah bisa juga beda angka UMRnya.

Semoga artikel ini cukup membantu kalian ya. Terimakasih

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas