Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Ketahui Manfaat Nyata Dari Micro Influencer Untuk Bisnis

3 min read

micro influencer

Micro influencer itu apa sih sebenarnya? kalian yang sudah familiar ini mungkin sudah tau ya, tapi untuk Anda yang memulai bisnis tau enggak tentang micro influencer?

Perlu diketahui nih, bahwa micro influencer masuk ke dalam salah satu jenis influencer yang banyak digunakan brand untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital.

Kira – kira kenapa ya seperti itu?

Saat ini, seseorang kebanyakan mempunyai role modelnya masing – masing, banyaknya wanita cantik, pria tampan membuat orang melihat sebuah sosok, nah hal itulah yang ditangkap dalam sebuah bisnis, sosok sosok tadi digunakan untuk mempromosikan sebuah barang? apa yang akan terjadi? nilai dari barang tersebut akan naik dan closing akan terjadi. Kira – kira seperti itu.

Kita coba bahas satu – satu yuk.

Baca Juga : 7 Tips Optimasi Instagram Agar Bisnis Lebih Mudah Dijangkau

Pengertian Micro Influencer

Micro influencer adalah tingkatan dimana influencer yang mempunyai pengikut atau followers berkisar di angka 1.000 sampai dengan 100.000.

Micro influencer ini mempunyai audiens dengan kecenderungan kegemaran yang sama. Yang mana dalam Hal ini sangat cocok untuk suatu brand menggunakan jenis micro influencer ini jika ingin menyasar suatu area tertentu.

Terlebih, micro influencer biasanya lebih dekat dengan para pengikutnya.

Hubungan tersebut dilatarbelakangi bahwa jenis influencer ini kebanyakan merupakan seorang pemimpin opini dari sebuah materi atau sebuah spesialis.

Selain itu, mikro influencer memiliki harga yang lebih murah dari makro influencer yang memiliki angka 100.000 sampai dibawah satu juta pengikut.

Dengan begitu, brand bisa tetap memperluas area pemasaran digital mereka lewat influencer dengan target yang sama dan pengeluaran yang lebih longgar.

Namun, brand juga perlu selektif dalam memilih influencer jenis ini. Karena, pasti ada saja beberapa influencer kategori ini yang memiliki harga tinggi setara makro influencer.

Padahal dari segi dampak, jelas jauh berbeda dengan makro influencer yang telah memiliki lebih banyak pengikut.

Baca Juga : Iklan Cetak Adalah : Pengertian dan Contoh Media

Manfaat Nyata Micro Influencer

Tentu saja, ada begitu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk.

Berikut ini beberapa manfaat kerja sama dengan micro influencer bagi bisnis kamu:

1. Menjangkau Target Audiens dengan Lebih Mudah

Kenapa bisa dikatakan seperti ini? karena dengan bantuan micro influencer produk Anda akan menjadi lebih dikenal dengan followers – followers yang micro influencer punya.

Biasanya habit mereka dengan influencer yang diikuti adalah sesuatu hal yang sama, nah dari poin inilah yang bisa dimaximalkan dengan menyelipkan sebuah produk kedalamnya.

Baca Juga: Apa Itu Pemasaran Digital Marketing? Berikut Penjelasannya

2. Tingkat Keterlibatan yang Lebih Tinggi

Manfaat nyata dengan kerja sama dengan micro influencer selanjutnya bagi sebuah brand, yakni adanya tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. Mengapa demikian?

Hal ini terjadi karena mikro influencer memiliki jumlah pengikut yang tak sebanyak makro dan nano influencer.

Dengan jumlah pengikut antara 1.000-100.000, makro influencer tetap bisa memantau like, komentar, viewers, atau jumlah share konten yang mereka unggah. Hal ini menjadi lebih mudah dan terarah pastinya.

3. Menambah Kepercayaan Pelanggan Terhadap Merek

Dengan makro influencer, kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan atau kredibilitas merek secara keseluruhan.

Hal ini karena konten promosi yang dibagikan oleh influencer cenderung lebih dipercaya oleh pelanggan layaknya rekomendasi pribadi yang dilakukan antar pelanggan.

Sebab, kepercayaan pelanggan terhadap iklan dari sebuah brand memiliki penurunan yang cukup signifikan.

Maka dari itu, pemasaran menggunakan influencer bisa membantu brand kamu untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Terlebih, audiens yang menjadi pengikut influencer tersebut umumnya telah mempercayai opini yang dibagikan oleh sang influencer itu sendiri.

Karena kekuatan mereka dalam memengaruhi audiens inilah yang menjadikan banyak brand untuk menggunakan influencer marketing.

Baca Juga: 6 Keuntungan Macro Influencer untuk Bisnis, Apa Saja?

4. Hubungan Antara Audience

Jumlah pengikut micro influencer yang jauh lebih sedikit dibanding makro dan nano influencer, membuat partisipasi dan hubungan yang terjalin menjadi lebih dekat.

Dilansir melalui Forbes, hal ini memungkinkan merek untuk berpartisipasi dalam percakapan sosial pada tingkat yang jauh lebih intim dengan komunitas.

Yang mana pada akhirnya, partisipasi dan hubungan yang lebih dekat antara brand dengan audiens ditambah oleh influencer bisa menambah tingkat kepercayaan sekaligus menciptakan keterlibatan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang optimal dari influencer marketing ini, kamu perlu memilih micro influencer yang tepat.

Jadi pilih micro influencer yang kamu ajak kerja sama memang memiliki kelompok audiens yang sesuai dengan target pasarmu. Ingat ya, sesuai dengan target pasar

5. Hemat Biaya Iklan

Manfaat lainnya dari keuntungan menggunakan micro influencer dalam pemasaran digital, adalah bisa membantu brand kamu untuk hemat biaya iklan.

Pasalnya, mikro influencer hanya memiliki jumlah pengikut kisaran ribuan hingga ratusan ribu, tentu saja tarifnya jauh lebih murah dibanding jenis influencer makro dan nano.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan jangkauan pasar yang lebih luas dengan digital marketing, bisa memilih micro influencer sebagai alternatifnya.

Meski biaya iklan yang dikeluarkan jauh lebih hemat, akan tetapi hasil pemasaran mikro influencer cukup menjanjikan, lho.

Sebab, mikro influencer bisa menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi sekaligus menciptakan kedekatan antara brand dengan target audiens.

Hal ini juga dikatakan oleh Hubspot yang menyatakan bahwasannya pengguna Instagram yang memiliki pengikut kurang dari 1.000 orang bisa menghasilkan like hingga 8%.

Sedangkan pengguna dengan 1-10 juta pengikut hanya memperoleh like dalam presentase 1,7%.

Markerly juga merekomendasikan brand untuk bekerja sama dengan micro influencer karena tingkat keterlibatannya yang bisa mencapai hingga 22,2 kali lipat dibanding pengguna Instagram pada umumnya.

Bukan itu saja, Markerly juga mencatat bahwa mikro-influencer memiliki basis pengikut yang lebih bertarget daripada influencer dengan jumlah pengikut ratusan ribu dan jutaan.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing Bisnis Kopi

Oke gaes itu tadi penjelasan lengkap tentang mikro influencer serta keuntungannya buat bisnis. Apakah kamu tertarik untuk bekerja sama dengan mereka?

Jangan lupa untuk cek website kami di, https://szetoconsultants.com, 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas