Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Simak Penjelasan Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi

1 min read

komunikasi dalam organisasi

Pentingnya komunikasi dalam organisasi – Sebagai mahluk yang tidak bisa hidup sendiri alias mahluk sosial, komunikasi adalah hal penting yang sudah biasa kita lakukan. Aktivitas komunikasi ini membuat kita terhubung sesama mahluk sosial.

Komunikasi juga memperlancar hubungan kita dengan orang dekat, seperti pacar, orang tua, keluarga, saudara dan masih banyak lagi.

Simak penjelasan berikut ini tentang pentingnya komunikasi dalam organisasi.

Pengertian Komunikasi

Menurut Jenis & Kelly, disampaikan bahwa Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang lainnya (khalayak).

Menurut Berelson & Stainer, Komunikasi adalah suatuproses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka, dan lain-lain.

Menurut Gode, Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula yang dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki dua orang atau lebih

Sedangkan menurut brandlun, Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan – kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan dan memperkuat ego.

Jika kita mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh lawan dari bicara kita.

Dari penjelasan – penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa komunikasi adalah proses mengirim dan menerima. Apa yang kita kirim dan apa yang diterima oleh orang lain merupakan sebuah komunikasi.

Kita mengirim pesan, kepada seseorang maka orang tersebut akan menerimanya. Begitu sebaliknya. Komunikasi adalah hal mutlak yang harus dimiliki seseorang, dalam berkomunikasi. Komunikasi yang baik adalah hal yang efektif.

Cukup dengan pengertian komunikasinya, sekarang mari kita masuk ke pengertian organisasi.

Baca Juga : Client Adalah : Perbedaan Customer, Consumer, dan Client

Pengertian Organisasi

Organisasi untuk kamu yang belum mengerti, bisa diartikan sebagai suatu kesatuan yang merupakan wadah atau sarana untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati.

Tapi mari kita menyelam lebih dalam lagi dengan melihat pengertian organisasi menurut para ahli.

Menurut Robbins, Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Menurut Hasibuan, Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.

Oke, sudah paham tentang organisasi, mari kita lanjut pada pembahasan manfaat komunikasi dalam organisasi.

Manfaat Komunikasi dalam Organisasi

Kamu sudah paham dengan pengerian komunikasi dan organisasi, maka saat ini untuk kamu mengerti manfaat nyata dari komunikasi dalam organisasi.

  • Manfaat komunikasi dalam organisasi yang pertama, dengan paham sebagai seorang individu yang berada dalam sebuah lingkungan, maka kita dapat memahami posisi kita dalam organisasi dalam sebuah kelompok.
  • Dapat memperkuat hubungan antar anggota dan pimpinan organisasi. Sehingga umur organisasi dapat bertahan lebih lama dan dapat menjaga harmonisasi sesama anggota kelompok.
  • Memudahkan dalam mencapai tujuan organisasi, Hal ini bisa terjadi karena komunikasi yang baik dari sesama anggota kelompok. Jika komunikasi berjalan dengan lancar, maka melakukan segala hal yang sifatnya team work akan sangat mudah untuk dilakukan.
  • Mengetahui tugas seorang pemimpin dan anggota dalam sebuah organisasi, pentingnya komunikasi dalam organisasi adalah kita jadi tau tugas dari masing – masing individu pada sebuah kelompok.

Nah seperti itu kiranya manfaat komunikasi dalam organisasi.

Untuk kamu yang mempunyai sebuah bisnis ataupun organisasi, sepertinya kamu perlu belajar juga yang namanya pembukuan. Tujuannya adalah agar segalanya yang terjadi dalam bisnis atau organisasi menjadi lebih rapi. Untuk belajar kamu bisa klik disini

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas