Kegiatan Administrasi Keuangan dan Peluang Kerjanya

1 min read

kegiatan administrasi keuangan

Sekarang keuangan adalah sumber kehidupan organisasi atau perusahaan mana pun karena merupakan bagian penting dari bisnis apa pun. Seorang administrasi keuangan mengawasi kegiatan keuangan bisnis dan bertanggung jawab atas keuangan suatu perusahaan.

Apa Itu Administrator Keuangan?

Administrator keuangan adalah orang yang bertanggung jawab untuk setiap tugas yang berhubungan dengan keuangan organisasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana keuangan organisasi, menyiapkan laporan keuangan dan terlibat dalam mengarahkan kegiatan investasinya.

Administrator juga bertanggung jawab untuk merencanakan tujuan keuangan jangka panjang organisasi dan melindungi aset. Mereka melakukan transaksi anggaran dan penggajian, memelihara akun yang berbeda seperti dana diskresioner dan hibah, dan memelihara catatan keuangan yang akurat untuk tujuan yang berhubungan dengan pajak.

Ini adalah tugas administrator keuangan untuk menyiapkan laporan keuangan bulanan dan tahunan organisasi. Administrator keuangan secara teratur menyimpan spreadsheet dari semua kegiatan keuangan organisasi dan menyatukannya ke dalam laporan pada akhir bulan atau tahun.

Laporan tersebut berisi fakta tentang arus masuk dan arus kas keluar dalam organisasi, yang membantu menciptakan akuntabilitas dalam bisnis. Administrator keuangan juga menyimpan semua dokumentasi yang mendukung angka-angka yang terdapat dalam laporan, seperti faktur dan kuitansi, untuk keperluan audit. Administrator keuangan memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah organisasi. Mereka harus mendistribusikan sumber daya dengan cara yang membuat organisasi berfungsi secara efisien tanpa melampaui batas keuangan.

Apa Saja Tugas dan Kegiatan Administrasi Keuangan?

Tugas seorang administrator keuangan berbeda tergantung pada keinginan dan struktur organisasi yang mempekerjakan mereka. Meskipun di bawah ini adalah beberapa tugas umum yang mereka lakukan;

  • Memproses faktur penjualan
  • Memberikan informasi keuangan dan menyimpulkan dampak terhadap kinerja bisnis dan kebutuhan pendanaan
  • Siapkan rekonsiliasi akuntansi bulanan
  • Untuk memastikan aturan keuangan perusahaan yang mempekerjakan mereka dipatuhi
  • Untuk menyiapkan akun untuk pembayaran yang diterima dan pembelian yang dilakukan oleh organisasi
  • Mengontrol pendapatan dan pengeluaran sehari-hari
  • Mengarahkan penyusunan laporan keuangan meringkas dan memperkirakan posisi keuangan organisasi seperti laporan laba rugi, neraca dan analisis pendapatan dan pendapatan masa depan
  • Untuk meningkatkan kontrol keuangan dalam organisasi
  • Untuk menyusun anggaran bulanan organisasi berdasarkan kebutuhan bisnis

Di Mana Seorang Administrator Keuangan Dapat Bekerja?

Selama keuangan masih dibutuhkan bagi semua perusahaan, administrator keuangan dapat bekerja di perusahaan mana pun asalkan organisasi menggunakan uang untuk kegiatan sehari-hari.

Komponen Laporan Keuangan Dalam Perusahaan

Komponen laporan keuangan saat ini menjadi salah satu unsur yang harus ada dalam laporan keuangan, contohnya seperti neraca, laba rugi, dan arus kas. Komponen...
Vimalla
2 min read
×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas