Szeto Consultants Blog

Ikhtisar Laba Rugi : Pengertian, Tujuan, Unsur

ikhtisar laba rugi

ikhtisar laba rugi

Ikhtisar laba rugi atau laporan laba rugi adalah salah satu dari bagian dari laporan keuangan perusahaan dalam periode akuntansi tertentu yang infonya adalah berupa pendapatan serta beban perusahaan, lalu menghasilkan laba/rugi bersih.

Ikhtisar laba rugi adalah akun yang dipergunakan untuk merangkum berapa besarnya pendapatan atau beban. Pada akhir periode, akun ini akan ditutup pada akun modal.

Apabila perusahaan mendapatkan keuntungan maka posisi laporan laba rugi ada di debet dan modal ada di kredit. Sebaliknya jika perusahaan mengalami kerugian, maka posisi laporan laba rugi ada di kredit dan untuk modal berada di akun debet.

Pada artikel ini kita akan menjelaskan tentang apa itu ikhtisar laba rugi tentang lebih dalam ?

 

Pengertian Ikhtisar Laba Rugi

Ikhtisar laba rugi atau laporan laba rugi adalah bagian dari sebuah laporan keuangan perusahaan dalam periode akuntansi tertentu.

Ikhtisar ini terdiri atas pendapatan selama periode berjalan dan beban, baik beban usaha maupun diluar usaha selama periode berjalan.

Ikhtisar laba rugi atau laporan laba rugi dapat membantu perusahaan untuk menentukan apakah mereka akan mendapatkan keuntungan dengan meningkatnya pendapatan, dengan mengurangi biaya atau keduanya.

Oleh sebab itu penting untuk laporan laba rugi dimasukkan dalam pembukuan bersamaan dengan neraca keuangan dan juga arus kas.

Laporan laba rugi atau laporan laba rugi juga merupakan salah satu jenis laporan yang dapat membantu mengukur dan mengetahui kinerja dari sebuah perusahaan.

Dan bisa juga menjadi sebuah faktor untuk beberapa kasus dalam mengambil sebuah keputusan.

 

Tujuan Membuat Ikhtisar Laba Rugi

Pembuatan laporan laba rugi atau laporan laba rugi pasti memiliki tujuan. Karena hasilnya akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan laporan perusahaan.

Berikut diantaranya tujuan dari sebuah pembuatan laporan laba rugi

  1. Menghitung besaran pajak perusahaan
  2. Membuat informasi dari perolehan laba atua rugi semua periode
  3. Memberi informasi tentang, apakah langkah perusahaan efektif atau tidak dari besaaran beban atau perusahaan
  4. Menjadi referensi evaluasi bagi manajemen perusahaan untuk menetapkan langkah-langkah apa saja yang harus diambil di periode yang akan datang.

 

Manfaat Ikhtisar Laba Rugi

  1. Evaluasi kinerja perusahaan

Manfaat nyata dari ikhtisar laba rugi adalah dapat menjadi bahan evaluasi kinerja perusahaan.

Dengan adanya laporan ini, perusahaan bisa melihat peningkatan pendapatan atau kerugian yang didapat oleh sebuah perusahaan.

Jika ada sebuah kerugian dalam laporan, maka perusahaan bisa langsung mengambil sebuah tindakan.

  1. Mengembangkan Perusahaan

Dengan melakukan sebuah pengamatan pada akhir periode, maka bisa menjadi keputusan sebuah perusahaan untuk mengambil langkah kedepannya agar perusahaan terus maju.

  1. Menilai Resiko

Jika perusahaan kamu sulit untuk mendapatkan profit, maka kamu bisa menilai perusahaan kamu dengan laporan laba ruginya untuk menilai mengenai resiko apa yang akan diambil.

Dengan mengetahui nilai sebuah resiko perusahaan, maka kamu dapat menghindarinya dan menyusun strategi untuk kedepannya.

  1. Tolak ukur perusahaan

Dengan adanya laporang laba rugi dari sebuah perusahaan ini bisa menjadi sebuah tolak ukur bagi perusahaan, apakah perusahaan itu rugi atau untung.

Serta bisa menjadi acuan penyemangat untuk karyawan agar berusaha lebih keras lagi demi mencapai tujuan perusahaannya.

  1. Analisis Strategi Perusahaan

Laporan laba rugi bisa digunakan untuk menjadi analisis sebagai strategi perusahaan.

Sukses atau tidaknya sebuah strategi bisa dilihat dari ikhtisar laba ruginya. Apakah mengalami kerugian atau keuntungan.

 

Unsur Ikhtisar Laba Rugi atau Laporan Laba Rugi

Unsur unsur dalam sebuah ikhtisar laba rugi meliputi hal berikut ini :

  1. Pendapatan (Revenue)

Revenue adalah meningkatnya aktiva atau arus masuk perusahaan yang berasal dari kegiatan operasional. Revenue bisa kamu hitung dengan rumus: Total Pendapatan Kotor – Potongan Harga atau Diskon, Retur, Tunjangan Lain.

  1. Beban (Expenses)

Expenses adalah penggunaan aktiva atau arus keluar atau kemunculan liablitias (kewajiban) dalam sebuah periode karena produksi barang atau pengiriman.

  1. Keuntungan (Profit)

Profit atau keuntungan adalah meningkatnya jumlah pendapatan dari sebuah perusahaan. akibat transaksi atau investasi atau pendapatan

  1. Kerugian (Loss)

Kerugian adalah menurunnya ekuitas akibat transaksi atau beban serta pendistribusian kepada perusahaan atau pemilik sebuah usaha.

 

Jasa Pembuatan Laporan Keuangan

Kami szeto consultants merupakan pelopor konsultan perusahaan Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam pembuatan laporan keuangan, laporan pajak, laporan laba rugi, dan perusahaan yang ingin menggunakan jasa accounting service.

Exit mobile version