Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Freelance Akuntansi : Tips Handal Menjadi Seorang Freelance Akuntansi

1 min read

freelance akuntansi

Akuntansi merupakan bagian penting dalam sebuah manajemen perusahaan. Banyak perusahaan menggunakan sistem untuk akuntansi mereka, Tetapi tidak banyak juga diantara mereka yang tidak menggunakan freelance akuntansi.

Kebanyakan dari sebuah sistem akuntansi sangat mahal, dan kebanyakan dari perusahaan juga tidak melek terhadap akuntansi, maka yang terjadi kebanyakan dari mereka tidak menggunakan manajemen akuntansi dengan baik untuk perusahaannya.

Nah inilah yang biasanya diterapkan oleh beberapa perusahaan, yaitu dengan menggunakan freelance akuntansi yang dapat kerja dengan batas waktu, dengan begitu perusahaan tidak perlu membayar mahal.

Namun untuk proyek jangka panjang ada baiknya sebuah perusahaan merektur admin accounting atau admin finance yang dapat mengontrol manajemen akuntansi sebuah perusahaan.

Dalam artikel kali ini, kita akan mencoba untuk membedah kiat menjadi seorang freelance akuntansi yang dapat teman – teman semua ikuti.

Cara Menjadi Freelance Akuntansi Untuk Pemula

Menjadi seorang akuntan di Indonesia masih sangat terbuka, kebutuhan mengenai tenaga akuntansi di Negeri Indonesia ini menururut data dari ketersediaan yang hanya 48.000 orang kebutuhannya mencapai 70.000 orang, itu artinya sangat terbuka bagi kamu yang ingin bekerja sebagai seorang accounting.

Jadi berikut ini adalah cara bagi kamu untuk menjadi seorang freelance akuntansi

1. Memperhatikan Kualifikasi Akuntan

Untuk kamu yang belum memiliki gelar sarjana, sebenarnya untuk menjadi seorang akuntan kamu tidak memerlukan itu. Hal itu karena syarat minimal akuntan adalah mendapatkan sertifikat chartered accountant (CA).

Sertifikat CA merupakan hasil penilaian untuk  akuntan yang dianggap sudah memenuhi kompetensi. Biasanya, calon akuntan harus melewati serangkaian ujian sertifikasi CA. Penyelenggara ujian tersebut adalah Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Selain sertifikat, akuntan juga mesti mempunyai pengalaman praktik profesi bidang akuntansi minimal tiga tahun. Di samping itu, kamu yang ingin menjadi akuntan wajib mendaftar sebagai anggota IAI.

2. Fokus dengan goal atau tujuan

Fokus dengan goal dan tujuan kamu dalam menjadi seorang akuntansi, dapat membantu kamu menjadi seseorang yang fokus dengan apa yang kamu inginkan.

3. Fokus dengan satu spesialisasi

Jangan terlalu banyak untuk mendalami semua hal, kamu bukanlah seorang superhero, kamu manusia yang terbatas selayaknya kita.

Jika dokter spesialis lebih mahal daripada dokter umum, itu adalah gambaran jika kamu ingin berkarir sebagai seorang akuntan

4. Meningkatkan keahlian akuntansi

Fokus dengan upgrade skill menjadi sesuatu yang bisa terus dipelajari oleh kalian yang ingin menjadi seorang freelance akuntansi. Untuk meningkatkan keahlian dalam hal akuntansi, Kamu bisa belajar di platform seperti szeto digiclass

Siap Upgrade Skill Akuntan Kamu

Belajar tentang akuntansi di Szeto Digiclass hanya dengan harga 25 ribu rupiah. Kamu bisa belajar tentang accurate.

Accurate adalah software akuntansi yang sedang banyak digunakan di perusahaan – perusahaan di Indonesia. Dengan mempelajarinya kamu tidak akan rugi sama sekali, melainkan untung.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas