Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Design Principles : Penerapan dan Prinsipnya Dari Suatu Product

1 min read

design principles

Design Principles – Kita sudah membahas tentang yang namanya product thinking sebelumnya, nah ketika suatu product sudah ditetapkannya tentang tujuannya selanjutnya adalah tentang research dari suatu product itu sendiri. Teman – teman semua tau nggak kalau setelah sebuah research itu kita akan masuk kedalam tahap ideation yang mana hasil temuan yang kita peroleh kita masukkan kedalam sebuah solusi dalam bentuk product.

Kita tidak akan fokus kepada pembahasan tentang bagaimana mencari sebuah solusinya namun kita akan fokus kepada yang namanya design principle, tahap ketika sebuah solusi sudah ditemukan, maka diperlukan adanya design principle.

Tujuannya tidak lain dan bukan adalah agar segala aspek yang ada baik itu interaksi atau psikologi dari pengguna mendukung semua hasil yang terbaik.

Kita akan coba bahas lebih dalam lagi tentang design principle, pastikan kalian membaca artikel ini sampai tuntas ya.

Penjelasan Tentang Design Principles

Design principles adalah hal yang sangat penting, terutama untuk seorang UI/UX designers. Contoh, kalau seorang desainer mau mulai ngedesain interface dari laman utama aplikasi on demand, mereka biasanya punya prinsip begini:

“Menaruh elemen yang relevan saja untuk mempermudah user memilih layanan,” Prinsip ini menjadi sangat penting karena meletakkan kebanyakan elemen gak penting bisa bikin user ngerasa gak nyaman dengan tampilan laman utama sehingga males untuk menggunakan layanan dari aplikasi. Kira-kira begitu deh, semoga bisa dimengerti yaa…

Baca Juga Ulasan Design Principle Disini :

10 Usability Heuristics for User Interface Design

Contohnya adalah pada sebuah desain berikut :

design principles
design principles

Jika kita melihat halaman checkout diatas halaman diatas terlihat lebih clean dan tidak banyak element lainnya, fokusnya benar – benar kepada apa yang dipesan oleh seorang pengguna. Hal ini yang bisa disebut sebagai design pricniple, karena prinsipnya itu sendiri.

Design principles lainnya kalian bisa cari di Google ya gaes karena ada banyak sekali contoh tentang desain principles.

Ada juga yang menyebutkan UI Designer biasanya membuat design principles mereka berdasarkan prinsip visibility, findability, dan learnability dari psikologi manusia. Secara keseluruhan, dalam mendesain, pesan yang mau disampaikan secara visual tersebut harus mudah dilihat, ditemukan, serta dipahami. Kurang lebih itu penjelasan singkatnya 🙂

Hal ini menunjukkan bahwa design principles sendiri pada dasarnya tergantung bagaimana kalian menetapkannya, tetapi tetap saja ada aturannya ya gaes.

Aturan Design Principle

Aturan Design Principle on UX (Russ Unger)

Cukup sampai disini ya pembahasannya, share artikel ini jika kalian suka. Terimakasih.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas