Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Concierge Adalah : Peran Serta Tugas & Tanggung Jawabnya

1 min read

concierge adalah

Concierge adalah – Jika Kamu adalah orang yang awam tentu akan bingung dengan istilah concierge, tapi jika Kamu adalah orang yang bekerja pada sebuah hotel, pasti sudah tidak asing dengan istilah ini.

Concierge adalah orang yang bertugas melayani tamu atau customer selama mereka menginap di hotel, memastikan segala kebutuhan setiap tamu terpenuhi sehingga mereka akan memberikan penilaian yang baik kepada hotel.

Tugas yang diberikan kepada Concierge tidak terbatas hanya pada pelayanan hotel, namun mereka juga harus paham dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai hotel dan local area di luar hotel. Maka, Dengan begitu, jika ada tamu yang memiliki pertanyaan, mencari saran, dan berbagai macam permintaan solusi masalah, Concierge diharapkan bisa membantu mereka.

Setelah paham dengan Apa itu concierge, maka sekarang mari kita bahas tentang tugas dan tanggung jawabnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Concierge

  • Menyapa tamu hotel

Tugas & Tanggung jawab seorang concierge yang pertama adalah menyapa tamu hotel. Petugas Concierge bertugas untuk menyapa mereka, bisa dengan menggunakan sapaan ” Selamat Datang di Hotel … “. Jika ada tamu yang membutuhkan bantuan, maka pihak Concierge harus memberikan bantuan kepada mereka.

  • Membawa barang yang dimiliki oleh tamu

Tugas & Tanggung jawab seorang concierge yang kedua adalah, membawa barang bawaan yang dimiliki oleh seorang tamu. Tamu yang datang ke hotel sudah pasti memiliki barang bawaan, petugas Concierge bertugas untuk membantu para tamu untuk membawa barang bawaan tersebut ke kamar hotel. Jika yang datang adalah tamu rombongan, maka setiap barang bawaan harus diberikan label, agar barang para tamu tidak tertukar. Ada juga kondisi dimana barang yang dimiliki tamu lebih dahulu datang, jika kondisi ini terjadi, maka yang harus dilakukan adalah membawa barang tersebut ke bagian storage area supaya lebih aman, hingga tamu yang bersangkutan datang ke hotel.

  • Selalu koordinasi dengan bagian Front Office dan departemen lain.

Tugas & Tanggung jawab seorang concierge yang ketiga adalah, koordinasi dengan bagian Front Office dan departemen lain. Concierge tidak dapat bekerja sendiri, mereka harus melakukan koordinasi dengan bagian Front Office atau department lain. Koordinasi dilakukan dengan tujuan untuk memastikan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh tamu dapat terpenuhi dengan baik.

Contohnya jika pihak Concierge ingin mendapatkan informasi tentang kedatangan tamu, mereka harus melakukan koordinasi dengan pihak Front Office, sedangkan jika ada barang-barang yang perlu dibawa, mereka harus menghubungi pihak porter.

Syarat Menjadi Seorang Concierge

  • Penampilan menarik
  • Komunikasi yang baik
  • Menjaga perilaku
  • Memiliki pengetahuan lokal
  • Profesional
  • Problem Solving,
Nah, kiranya seperti itu dari apa yang bisa digambarkan tentang concierge, semoga dapat memberikan wawasan kalian semua ya.!
Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas