Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Apa Itu Gladi : Simak Pengertian dan Maknanya!

1 min read

apa itu gladi

Apa itu gladi – Banyak diantara kita masih awam dengan pengertian jelasnya tentang gladi, tapi kita kan sering mendengar tuh kalau teman kita misal bilang, “Yuk besok gladi dulu, biar kedepannya lancar”,

Nah pas banget dalam artikel ini kita akan coba bahas sedikit tentang apa itu gladi, jadi simak penjelasannya dibawah ini ya.

Perhatikan pembahasan berikut ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata “gladi” adalah “berlatih”. Dalam hal ini biasanya gladi dilakukan menjelang pelaksanaan/pementasan acara.

gladi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu gladi kotor dan gladi bersih. Berikut penjabaran dari kedua jenis gladi tersebut:

Baca Juga : Mengenal Bahasa Pemrograman Yang Satu Ini, Kenalkan Ruby!

Pengertian Gladi

1. Gladi Kotor

gladi kotor adalah latihan secara keseluruhan, tetapi bukan secara rinci dan urut ((belum memakai kostum yang sebenarnya). Penghitungan waktu bermain juga belum dilakukan secara cermat. Tujuan gladi kotor adalah untuk memantapkan latihan sebelum memasuki gladi bersih.

2. Gladi Bersih

gladi bersih merupakan pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan atau pementasan pada acara sesungguhnya (penampilannya menyerupai pelaksanaan (pementasan) yang sesungguhnya).

gladi bersih sangatlah berguna bagi pihak-pihak yang terlibat dalam pagelaran event, baik itu bagi penyelenggara, pengisi acara maupun juga pihak lainnya yaitu sebagai gambaran bagaimanakah kira-kira nantinya pementasan yang dilaksanakan tersebut berlangsung.

Jadi, yang dimaksud dengan gladi kotor adalah pelatihan umum menjelang pelaksanaan gladi bersih, sedangkan gladi bersih adalah pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan atau pementasan pada acara sesungguhnya.

Baca Juga : Perbedaan Subjek dan Objek Pajak, Pengertian & Penjelasan

Umumnya gladi mempunyai tujuan untuk memperlancar semua kegiatan yang sudah direncanakan, jika kita latihan biasanya kita perlu memantabkan lagi latihan yang sudah kita jalani untuk benar – benar sesuai dengan rencana yang sudah disusun.

Penting untuk melakukan gladi karena ini akan memudahkan kita nantinya ketika benar – benar tampil dalam orang banyak.

Kesimpulan

Terimakasih gaes sudah membaca artikel ini. Semoga informasi ini dapat membantu ya,

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas