Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Apa Itu Engagement Rate? Belajar Ini Agar Engagement IG Naik

2 min read

apa itu engagement rate

Apa Itu Engagement Rate? Sebagian dari kita yang sudah mahir dalam bersosial media khususnya pelaku digital marketing pasti sudah tau dengan hal ini.

Dalam dunia digital marketing engagement rate sangat diperlukan untuk mengetahui faktor penentu dalam membuat keputusan, khususnya untuk melakukan yang namanya iklan.

Kamu yang masih bingung dengan engagement rate, gak perlu khawatir, kita akan coba bahas pelan – pelan tentang apa itu engagement rate, dan cara meningkatkannya.

So, simak penjelasannya dibawah ini ya!

Apa Itu Engagement Rate?

Apa itu Engagement RateEngagement rate adalah metriks dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial.

Sedangkan engagement Instagram bisa dilihat dan diukur dari interaksi di akun Instagram berupa likes, comment, share, views, dan repost. 

Mengapa Engagement Rate Itu Penting?

Jika kamu sudah mengetahui apa itu engagement rate. Tentunya kamu juga harus tahu kenapa hal ini begitu penting. Tingkat keterikatan yang tinggi adalah sebuah penanda bahwa kepercayaan, loyalitas dan kedekatan kamu dengan para followers.

Hubungan antara influencer dan followers menjadi penting bagi para brand untuk mau menggunakan jasa influencer tersebut. Influencer yang memiliki tingkat keterikatan tinggi memiliki peluang lebih sukses daripada yang tidak.

Engagement rate juga menjadi penting karena mempengaruhi jangkauan setiap postingan. Algoritma saat ini lebih menyukai dan menghargai postingan yang memiliki engagement rate tinggi. Jika tingkat keterikatan kamu tinggi, social media tersebut akan membantu menyebarluaskan setiap konten yang kamu post.

Baca Juga : Checker Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Beberapa Cara Untuk Meningkatkan Engagement Rate

  • Membuat Konten Yang Berkualitas

Dengan membuat konten yang berkualitas akan menjadikan apa yang kita sajikan terlihat unik dan beda dimata audience,

apa itu engagement rate
apa itu engagement rate

Terkadang apa yang kita pikirkan bisa menjadi sesuatu yang membuat orang tidak kepikiran, buatlah konten yang beda dan tidak akan disangka oleh orang yang akan melihatnya. Dengan begitu akan sangat mudah untuk mendapatkan engagement rate.

  • Memanfaatkan Fitur Yang Tersedia

Instagram sudah memberikan kemudahan untuk penggunanya melalui fitur yang dimilikinya, untuk mengunggah konten tidak cuma di feed, bisa juga pada story.

Dengan fitur story memberikan kemudahan buat meng-engage followers walaupun konten yang diunggah melalui story akan hilang setelah 24 jam.

Tetapi fitur ini cukup efektif untuk meng-engange followers dengan menggunakan Q&A, vote, dan bisa memberikan isyarat kalau ada postingan baru yang diunggah.

Teman – teman juga bisa melakukan live instagram, hal ini bisa banget untuk meningkatkan engagement yang didapat oleh sebuah perusahaan.

  • Gunakan hastag yang relevan

Setelah menentukan caption yang akan dipakai, kamu bisa memanfaatkan fitur hashtag untuk menjangkau pengguna lain.

Hashtag digunakan agar mereka bisa menemukan konten yang dibuat dan mengunjungi akun instagram.

Kamu bisa memakai hashtag yang populer tetapi ada kemungkinan postingan kamu juga bisa tenggelam karena sudah pasti banyak yang menggunakannya.

Tips lainnya jangan menggunakan terlalu banyak hashtag dalam satu postingan maksimal 5 sampai 10 saja.

  • Buat caption yang menarik

Tidak hanya berpacu dengan isi konten yang dibuat, tetapi kamu harus membuat caption yang dapat menarik audiens, karena dengan caption tersebut kamu bisa menggiring dan mengajak followers untuk berinteraksi satu sama lain.

Tips membuat caption yang menarik tidak perlu panjang, dapat disesuaikan dengan audience, dan pada kalimat pertama bisa menggunakan kata-kata yang mencuri perhatian dari audience.

Baca Juga : Foreman Adalah : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

  • Posting di jam yang tepat

Bagaimana cara kita menentukan waktu yang tepat untuk mengunggah postingan ? Ada cara untuk melihat kapan followers aktif menggunakan instagram.

Caranya, bisa dilihat dari insight yang ada pada akun instagram bagi yang sudah menjadi instagram bisnis.

Dari insight tersebut, kamu bisa mempelajari followers mulai dari jam berapa mereka aktif melihat feed dan story instagram kamu.

Berdasarkan data tersebut kamu dapat memposting konten tersebut. Lebih baik lagi, memberikan jadwal untuk mengunggah postingan seperti pagi, siang, dan malam.

Nah, itu dia caranya untuk meningkatkan engagement rate instagram kamu.

Jadi, setelah mengikuti cara itu pasti kalian pengen tahu dong kira-kira engagement instagram naik atau enggak kalian bisa coba menghitung sendiri pakai perhitungan ini.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas