Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Akuntansi Manajemen Adalah : Pengertian dan Manfaat Bagi Perusahaan

2 min read

akuntansi manajemen adalah

Akuntansi manajemen adalah sebuah bagian penting dari perusahaan. Segala perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen didasarkan dari data akuntansi manajemen. Akuntansi manajemen juga dapat mempengaruhi segala perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen, didasarkan dari data yang ada. Karenanya sebagai manajer atau owner dari sebuah bisnis, perlu adanya pemahaman serius mengenai akuntansi manajemen.

Dalam artikel ini kita akan membahas sesuatu tentang Akuntansi manajemen. Mulai dari pengertian akuntansi manajemen, perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, juga fungsi dari akuntansi manajemen dalam sebuah perusahaan.

Oke yuk, langsung aja ke pembahasan pertama yaitu

Pengertian Akuntansi Manajemen

Menurut Wikipedia, Akuntansi manajemen atau akuntansi manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi sampai menyajikan bentuk laporan suatu satuan usaha untuk kepentingan internal yaitu manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan menjadikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut Henry Simamora (1999:12) – Proses pengidentifikasian, pengukuran, penghimpunan, penganalisisan, penyusunan, penafsiran & penyampaian informasi yang membantu para manajer dalam mencapai tujuan – tujuan organisasi.

Dan menurut, Charles T. Homgren (1993) – Akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, & komunikasi tentang informasi yang membantu masing – masing eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

Baca Juga : Estimasi Pengiriman Adalah: Faktor, dan Contoh

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Dari segi perbedaan tentang akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan jelas ada pada pengguna informasi yang dituju.

Informasi akuntansi manajerial ditujukan untuk membantu para manajer dalam perusahaan membuat keputusan bisnis yang terinformasi dengan baik, sementara akuntansi keuangan ditujukan untuk memberikan informasi keuangan kepada pihak-pihak di luar perusahaan.

Akuntansi keuangan harus sesuai dengan standar tertentu, seperti prinsip akuntansi atau panduaan akuntansi. Semua perusahaan publik diharuskan untuk melengkapi laporan keuangan mereka sesuai dengan aturan sebagai syarat untuk mempertahankan status mereka yang diperdagangkan secara publik.

Sementara itu, dikarenakan akuntansi manajemen bukan untuk pengguna eksternal, maka  dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Contoh, manajer departemen produksi ingin melihat informasi keuangan yang ditampilkan dengan persentase unit yang diproduksi pada periode tertentu.

Sementara, manajer departemen SDM ingin melihat grafik gaji karyawan selama periode tertentu. Akuntansi manajemen mampu memenuhi kebutuhan kedua departemen dengan menawarkan informasi dalam format apapun, serta bermanfaat bagi kebutuhan spesifik tersebut.

Berikut penjelasan singkatnya:

No Akuntansi Manajemen Akuntansi Keuangan
1 Hanya digunakan untuk keperluan internal perusahaan. Digunakan untuk pelaporan eksternal ke berbagai pemangku kepentingan.
2 Tidak di bawah peraturan hukum atau peraturan apa pun. Diatur oleh standar, Hukum, peraturan, dll.
3 Tujuan utamanya adalah membantu manajemen internal mengambil keputusan. Membantu investor, kreditor maupun pihak lain dalam mengambil keputusan investasi.
4 Termasuk informasi keuangan dan non-keuangan. Hanya mementingkan informasi keuangan.
5 Tidak dikenakan audit atau investigasi apa pun. Catatan keuangan diaudit sesuai aturan.

Fungsi Akuntansi Manajemen

  • Forecasting untuk bisnis di masa depan

Prediksi atau perkiraan membantu bisnis dalam pengambilan keputusan dan menjawab pertanyaan seperti: Haruskah perusahaan berinvestasi lebih banyak dalam peralatan? Haruskah diversifikasi ke pasar dan wilayah yang berbeda? Haruskah membeli perusahaan lain?

Akuntansi manajemen membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting yang dapat memprediksi tren masa depan bisnis.

  • Memudahkan Keputusan Bisnis

Informasi yang didapatkan dari akuntansi manajemen tentang biaya dan ketersediaan produksi adalah faktor penentu dalam pilihan keputusan bisnis. Data dari akuntansi manajerial memberdayakan pengambilan keputusan di tingkat operasional dan strategis.

Informasi yang didapat dari data akuntansi manajemen tentang biaya dan ketersediaan produksi adalah faktor penentu dalam keputusan bisnis.

  • Memperkirakan Arus Kas

Memperkirakan arus kas dan dampak arus kas pada bisnis adalah hal yang sangat penting. Mempertimbangkan dari mana biaya yang akan dikeluarkan perusahaan di masa mendatang dan dari mana pendapatan akan didapat, membantu bisnis dalam melangkah lebih lanjut.

Akuntansi manajemen yang melibatkan pembuatan anggaran dan tren, digunakan manajer untuk memutuskan bagaimana mengalokasikan uang dan sumber daya agar menghasilkan pertumbuhan pendapatan di kemudian hari.

  • Analisis Tingkat Pengembalian

Sangat penting bagi manajer atau pebisnis untuk mengetahui tingkat pengembalian atau ROR sebelum memulai proyek yang membutuhkan banyak investasi. Pertanyaan penting yang dapat dijawab melalui akuntansi manajemen dalam ROR meliputi:

Jika disajikan dengan dua peluang investasi, bagaimana cara memilih bisnis yang paling memberikan keuntungan? Dalam berapa tahun perusahaan akan mencapai titik impas pada suatu proyek? Berapa perkiraan arus kas?

  • Perencanaan

Akuntansi manajemen tidak memiliki jadwal ketat seperti akuntansi keuangan. Hal ini sebenarnya yang membuat akuntansi manajemen sebagai proses yang berkelanjutan.

Jadi, informasi keuangan dan lainnya disajikan kepada manajemen secara berkala seperti mingguan, bulanan, atau kadang-kadang bahkan setiap hari.

Oleh karena itu. manajer dapat menggunakan analisis dan data ini untuk merencanakan kegiatan organisasi. Misalnya, jika data terakhir menunjukkan penurunan penjualan untuk wilayah tertentu, maka manajer penjualan dapat memberi saran kepada timnya dan merencanakan beberapa tindakan agar memperbaiki situasi.

  • Mengidentifikasi Masalah Bisnis

Pasti dalam sebuah bisnis ada beberapa barang atau produk yang tidak berkinerja dengan baik, atau ada diantara beberapa SDM kita yang kurang perform, Akuntansi manajemen dapat membantu perusahaan mengidentifikasi penyebab yang mendasari hal tersebut.

Kesimpulan

Oke , mungkin itu penjelasan yang bisa disampaikan terkait dengan akuntansi manajemen, semoga bermanfaat.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas