Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Akun Laporan Keuangan : Penjelasan Lengkapnya Tentang Ini

2 min read

akun laporan keuangan

Akun laporan keuangan adalah media yang bisa dibilang sangat tepat untuk mencatat semua transaksi yang masuk kedalam perusahaan. Akun laporan keuangan berperan penting saat menyajikan data keuangan.

Apa tujuannya?

Tujuannya adalah agar informasi yang diberikan menjadi lebih sistematis, mudah untuk menganalisa dan bersifat logis. Akibatnya adalah, kepututsan bisnis yang diambil menjadi lebih akurat.

Apalagi selain itu?

Selain perusahaan bisa mengetahui jenis – jenis akun laporan keuangan yang ada dan juga fungsinya, perusahaan juga bisa mempunyai sistem pelaporan keuangan yang lebih rapi dan tertata. Dengan demikian akan sangat mempermudah dalam melakukan analisis kondisi keuangan di perusahaan. Hal ini menjadi acuan manajemen dalam melihat data – data aktual terkait kondisi perusahaan.

Dalam artikel ini kita akan coba jelaskan kepada Anda tentang akun laporan keuangan pastikan Anda membacanya sampai bawah dan tuntas ya.

Baca Juga : Pembukuan Online Shop : Laporan Keuangan, dan Aplikasinya

Jenis Laporan Keuangan pada Akuntansi

Jika anda masih bingung dengan jenis laporan keuangan, maka membaca artikel ini adalah sesuatu yang tepat. Jenis laporan keuangan terbagi menjadi 5, yaitu laporan laba rugi yang mana fungsinya membantu menentukan posisi bisnis. Apabila pendapatan perusahaan jauh lebih besar dari biaya produksi maka mendapatkan laba.

Nah justru sebaliknya ya, jika biaya produksi lebih besar dari pendapatan maka mengalami kerugian.

Cara membuatnya bisa menggunakan metode single step atau multiple step.

Penyajian akun laporan keuangan dengan single step lebih mudah daripada menggunakan multiple step. Hal ini dikarenakan kamu cukup menjumlahkan semua pendapatan, kemudian dikurangi dengan besarnya biaya.

Berbeda dengan multiple step yang mana terdapat 2 kategori pendapatan. Ada pendapatan operasional dan non operasional perusahaan. Pembagian kategori itu berlaku juga pada beban.

Selanjutnya, ada laporan perubahan modal atau ekuitas. Perubahan dapat terjadi akibat modal dipakai untuk menjalankan roda perusahaan. Selain itu, karena ada penambahan jumlah laba dan pemakaian modal untuk keperluan lainnya.

Baca Juga : Apa Itu Pencatatan Dividen Pada Laporan Keuangan?

Fungsi Pembuatan Laporan Keuangan

Tujuan umum dalam penyusunan laporan keuangan adalah menyajikan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, saldo anggaran lebih,arus kas, hasil operasi, dan perubahan ekuitas suatu entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya.

5 Akun Laporan Keuangan

Anda harus tau tentang akun dalam akuntansi sehingga dapat membantu ketika ada kondisi keuangan. Perlu diketahui bahwa fungsi dari masing – masing akun berbeda – beda. Berikut adalah penjelasan masing – masingnya.

Akun Laporan Keuangan Aktiva

Aktiva adalah segala aset kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang dapat diubah menjadi uang tunai. Kekayaan yang dimaksud dalam hal ini adalah sumber daya yang dapat berupa benda atau hak yang dikuasai dan sebelumnya diperoleh perusahaan melalui transaksi atau kegiatan masa lalu dan masa sekarang ini.

Modal

Akun modal atau yang biasa dikenal dengan Capital Account, adalah suatu aset dan juga aset serta uang tunai yang didapat oleh perusahaan. Modal dalam hal ini umumnya bisa berbentuk peralatan, bangunan, tanah, dan juga piutang perusahaan

Utang

Akun hutang atau biasa dikenal Accounts payable (AP) adalah akun dalam buku besar yang mewakili kewajiban perusahaan untuk membayar barang atau jasa yang dibeli secara kredit. Jadi hutang usaha adalah hutang Anda kepada vendor atau pemasok Anda untuk barang atau jasa yang dibeli secara kredit.

Baca Juga : Laporan Keuangan Fiskal Adalah : Pengertian dan Perbedaan

Beban

Akun beban dalam akuntansi adalah uang yang dihabiskan, atau biaya yang dikeluarkan, oleh bisnis dalam upayanya untuk menghasilkan pendapatan. Pada dasarnya, akun beban mewakili biaya menjalankan bisnis; mereka adalah jumlah dari semua kegiatan yang diharapkan menghasilkan keuntungan.

Pendapatan

Akun pendapatan adalah suatu media pembukuan untuk peningkatan yang terjadi pada aktiva yang berasal dari transaksi dan menghasilkan keuntungan atau disebut juga pendapatan. Dalam lingkup bisnis, pendapatan tersebut berasal dari dua sumber yakni operasional dan juga non operasional.

Sampai sini apakah sudah paham?

Pada dasarnya sebuah akun dalam laporan keuangan untuk suatu perusahaan adalah hal yang penting karena laporan ini nantinya akan digunakan untuk bahan analisa dari suatu perusahaan.

Untuk itu kami Szeto Consultant menyediakan layanan jasa accounting service untuk perusahaan – perusahaan di Indonesia agar lebih maju lagi dalam sisi pembukuan keuangannya.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas