Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Admin Procurement Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

1 min read

admin procurement

Admin Procurement Adalah – Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui tentang pekerjaan yang satu ini. Namun tampaknya ya, kata – kata ini masih terdengar asing sekali, bisa jadi dari kalian masih banyak yang belum mengetahui tentang pengertian, tugas dan tanggung jawabnya sebagai admin procurement.

Nah kalau seperti itu, pas banget nih berarti karena disini kita akan coba bahas tentang admin procurement, tapi sebelum itu mari kita bahas pengertian dari procurement itu apa sih.

Baca Juga : Sales Force Adalah : Simak Pengertian & Tugas Tanggung Jawab

Pengertian Procurement

Pengertian Procurement adalah pengadaan atau tindak memperoleh barang atau jasa yang umumnya untuk tujuan bisnis. Procurement umum dikaitkan dengan bisnis karena perusahaan memerlukan layanan atau barang dalam skala besar untuk mendukung operasional bisnisnya. Procurement juga mengacu pada tindakan akhir pembelian dan seluruh proses pengadaan mulai dari tahap perencanaan hingga pengambilan keputusan.

Procurement sendiri dapat diartikan juga sebagai proses pengadaan dan pembelian barang dan/atau jasa dari sumber eksternal, seperti vendor atau pemasok pihak ketiga. Prosesnya sendiri untuk procurement dilakukan oleh manajer bidang pengadaan yang akan menganalisis perlunya pengadaan barang dan jasa akibat kurangnya sumber daya dan kemampuan internal perusahaan.

Mengacu pada sumber dari Beroe Inc., procurement adalah bagian dari input atau masukan ke perusahaan dengan penggunaan barang dan/atau jasa yang diperoleh dalam pembuatan produk akhir mereka. Sebagai sebuah proses, procurement mengacu pada identifikasi dan penerapan langkah-langkah tertentu oleh bisnis untuk memastikan suatu perusahaan dapat memperoleh barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan mereka.

Secara umum, proses procurement penting karena memiliki dampak langsung pada seberapa banyak suatu perusahaan dapat melakukan penghematan biaya. Tak hanya itu, suatu perusahaan yang melakukan procurement secara teratur akan dapat menilai dan memastikan tujuan mereka dalam bisnis secara terarah. Tujuan utama dari procurement adalah efisiensi bisnis demi meraih tujuan dan keuntungan maksimal.

Nah, beberapa dari kalian sudah ada gambaran ya tentang apa sih itu procurement? kalau udah ada gambarannya, langsung aja kita masuk ke inti dari artikel ini. Yapp. Admin Procurement.

Baca Juga : Housekeeping Manager Adalah : Simak Tugas & Tanggung Jawab

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Procurement

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Admin Procurement adalah sebagai berikut:

  • Seorang admin procurement bertugas untuk membuat perencanaan pembelian atau pengadaan, mencatat dan mempersiapkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan
  • Membuat prosedur standar untuk barang dan jasa agar apa yang diinginkan oleh perusahaan dapat terpenuhi
  • Admin procurement juga bertugas untuk menyesuaikan spesifikasi barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan dengan tujuan agar barang dan jasa yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan
  • Mencari vendor atau supplier yang dapat menyediakan barang atau jasa yang diperlukan oleh perusahaan. Seorang admin procurement akan berhubungan langsung dengan pihak supplier atau vendor.
  • Menganalisis perbandingan biaya pembelian dari supplier untuk membuat list supplier atau vendor mana yang memenuhi kriteria dan budget yang dimiliki perusahaan 6. Menegosiasikan harga, pengiriman dan waktu pembayaran. Seorang admin procurement akan diminta untuk melakukan kerja sama dengan supplier, dengan begitu akan memudahkan proses negosiasi harga, pengiriman dan waktu pembayaran
  • Menerima barang, tagihan pembayaran dan melakukan transaksi dengan para vendor dan supplier
  • Membuat kontrak kerjasama antara supplier dengan perusahaan
  • Melakukan controlling persediaan barang dan melakukan pengecekan barang baik itu stok ataupun jumlah ketersedian
Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas