Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Tugas dan Tanggung Jawab Accounting : Pahami Lebih Dalam

2 min read

tugas dan tanggung jawab accounting

Tugas dan tanggung jawab accounting adalah pada pencatatan dan juga pengklasifikasian semua transaksi sehingga dapat menghasilkan sebuah laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan secara tepat, akurat, dan bisa dibaca informasinya.

Accounting atau staff accounting adalah salah satu posisi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia, Seorang yang bekerja dalam posisi ini bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat.

Menjadi seorang staff accounting tidak mudalah, ini adalah hal yang  kompleks namun bisa dipelajari. Diperlukan keahlian khusus untuk menjadi staff accounting di perusahaan Indonesia.

Kami akan membahasas apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab accounting, syarat apa saja yang diperlukan untuk menjadi accounting, dan beberapa job desk yang ada pada sebuah lowongan pada pekerjaan accounting.

Tugas Dan Tanggung Jawab Accounting

Dalam pekerjaannya, tugas dan tanggung jawab accounting sangat beragam, kita akan mencoba menjabarkan apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab accounting dibawah ini.

  • Membuat Pembukuan Keuangan Perusahaan

Dalam hal pekerjaannya, tugas dan tanggung jawab staff accounting adalah melakukan pembukuan.

Pembukuan adalah segala proses pencatatan terkait dengan transaksi. Pada dasarnya pembukuan bisa juga menggunaka sebuah software akuntansi.

Karena pada dasarnya pembukuan dalam perusahaan merupakan dasar dari sistem akuntansi.

Dengan menggunakan pembukuan, Anda dapat melihat kondisi keuangan bisnis, keuntungan, kerugian dan lain sebagainya dalam perusahaan.

Mengacu pada undang – undang nomor 28 tahun 2007 pasal 28, pembukuan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan.

Beberapa komponen dalam sebuah pembukuan :

  1. Harta,
  2. Kewajiban
  3. Modal
  4. Penghasilan
  5. Biaya

Maka dengan mengacu pada komponen tersebut, maka Anda bisa dengan mudah untuk menyusun sebuah laporan keuangan, berupa neraca atau laba rugi.

  • Posting Jurnal Operasional

Langkah posting jurnal khusus ke buku besar utama dilakukan terlebih dahulu harus dibuat rekapitulasi jurnal khusus.

  • Pembukuan dari Transaksi Perusahaan

Perusahaan pasti memiliki transaksi dalam bisnisnya. Setiap transaksi yang terjadi sudah menjadi tanggung jawab seorang staff accounting untuk dilakukannya pencatatan dan juga pembukuan.

Dalam akhir bulan biasanya akan ditagih sebuah rekapan daftar transaksi yang sudah dibuat.

  • Membuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan suatu informasi yang menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan, dimana informasi tersebut dapat dijadikan sebagai gambaran kinerja keuangan suatu perusahaan. Menurut Munawair,

Laporan keuangan adalah alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan bersangkutan, dengan begitu diharapkan akan membantu para pengguna (user)untuk membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial.

Kamu sebagai seorang staff accounting harus bisa membuat laporan keuangan dengan tepat dan akurat.

  • Menyusun Laporan Terkait Pajak

Seorang staff pajak biasanya sudah ada dalam sebuah perusahaan. Kemampuan seorang staff accounting dalam hal ini adalah menyusun laporan pajak terkait dengan PPN, Wajib Pajak, dan lain sebagainya.

Untuk Kamu yang masih awam dan bingung dalam pelaksanaanya, bisa langung menghubungi dirgen pajak melalui kring pajak.

  • Perhitungan Gaji Karyawan Perusahaan

Gaji seorang karyawan dalam sebuah perusahaan biasanya disusun dengan sebuah sistem payroll. Namun Kamu tetap harus memastikan dan merekap semuanya berjalan dengan sesuai.

  • Melakukan Surat Menyurat

Akan ada koordinasi dengan tim lain, untuk itu ini adalah pentingnya surat menyurat yang harus dikuasai oleh seorang staff accounting.

Bisanya akan ada surat terkait dengan pajak atau terkait dengan hal apapun itu yang akan dikirim. Basic dasar dari menyurati pacar Kamu sangat berguna dalam hal pekerjaan ini. WKWKWK

Gaya bahasa penulisan dalam sebuah surat akan sangat mempengaruhi pembaca. Maka dari itu Kamu dituntut untuk bisa menulis dengan baik.

Syarat Untuk Menjadi Sebuah Accounting

  • Lulusan Akuntansi, SMK atau Sarjana

Tentu untuk bisa bekerja sebagai staff accounting haruslah menjadi lulusan Akuntansi, atau memiliki basic akuntansi. Dalam prakteknya seorang yang lulus dalam akuntansi akan lebih mudah memahami job desknya nanti.

  • Skill Administrasi

Keterkaitan dengan pekerjaan data entry, membuat kamu harus setidaknya memiliki skill administrasi yang baik.

  • Ketelitian

Teliti harus ada dalam diri seorang staff accounting, karena hal ini menyangkut uang.

  • Microsoft Excel

Keahlian selanjutnya adalah microsoft excel, minimal kamu harus ahli dalam menggunakan software ini.

  • Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik harus dimiliki seorang staff accounting, karena dalam pekerjaannya akan ada yang namanya komunikasi dengan banyak tim.

Contoh Lowongan Pekerjaan Accounting

Gambaran Pekerjaan
Sebagai Accounting Staff, Anda akan bertanggung jawab memeriksa dan melakukan verifikasi transaksi keuangan perusahaan, melakukan pencatatan dan dokumentasi, serta bertugas menyusun laporan keuangan secara akurat. Dalam peranan ini, kami juga mengharapkan Anda untuk memahami gambaran umum mengenai pajak, khususnya yang terkait dengan transaksi keuangan.

Tugas dan Tanggung Jawab :

1. Membuat pembukuan keuangan kantor

2. Melakukan posting jurnal operasional

3. Membuat laporan keuangan

4. Menginput data jurnal akuntansi ke dalam sistem yang dimiliki perusahaan

5. Memeriksa dan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan

6. Melakukan rekonsiliasi dan penyesuaian data finansial

Kualifikasi :

Mempunyai passion di bidang Finance & Accounting, didukung dengan latar belakang pendidikan dari Accounting dan lulus dengan kategori minimal:

  • sangat memuaskan.
  • Memahami dasar-dasar akuntansi,
  • pembuatan laporan keuangan dan rekonsiliasi bank.

Anda harus mempunyai kepedulian terhadap angka, ketelitian dan kemampuan berhitung yang baik. Jika Anda pernah mempelajari ERP – Keuangan akan menjadi nilai plus untuk Anda dalam proses seleksi.\

Informasi lebih lanjut terkait dengan lowongan pekerjaan.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas